Pelatihan Tim IT Support

Awearness ISO 20001

Saat ini sudah semakin banyak organisasi yang menyadari arti penting layanan Teknologi Informasi yang optimal. Semakin tingginya demand akan solusi IT, dan disisi lain terdapat kerumitan dalam operasional dan integrasi perangkat IT, menyebabkan operasional IT harus dikelola dengan pendekatan “manajemen yang sistematis”. Beberapa lembaga/organisasi di dunia telah menerbitkan framework pengelolaan layanan IT (ITSM = IT Service Management atau juga saat ini dikenal dengan istilah SMS = Service Management System), seperti OGC dengan framework ITIL (Information Technology Infrastructure Library), ISACA dengan framework CoBIT (Control Objectives for Information and Related Technology) dan terakhir ISO dengan standar ISO 20000.

Training ini diperuntukkan bagi organisasi yang memiliki keinginan untuk menata operasional IT-nya agar lebih accountable, efektif, efisien dan “headache free”. Framework yang dipilihkan adalah yang “fastest growing”, simple dan dapat diintegrasikan dengan existing management system, yaitu ISO 20000 dengan versi terbarunya, versi 20001. Training ini menjelaskan secara bertahap dari mulai aspek filosofi hingga keaspek detail dan implementatif.

Pada Tanggal 19 – 20 Februari 2019 Tim IT Support IT Telkom Surabaya mengikuti pelatihan awareness ISO 20001 yang bertujuan untuk memberikan awareness dan pembekalan kepada pihak-pihak yang di beri tanggung jawab atau terlibat dalam penyusunan dan implementasi Sistem Manajemen Layanan Teknologi Informasi (ITSM/SMS) yang mana dalam hal ini adalah tim IT Support.

Search engine optimization (SEO)

SEO (Search Engine Optimization) adalah cara/teknik/metode mengoptimasi halaman/webpage agar mesin pencari dapat dengan mudah mengenali isi halaman tersebut sesuai dengan “Search Query” atau kata kunci yang di ketikan di mesin pencari, sehingga ketika para pengguna internet mencari sesuatu yang berhubungan dengan isi dari situs web atau halaman web kita, situs web atau halaman Anda tersebut ditampilkan di halaman 1 daftar hasil pencarian alami/tak-berbayar/non-iklan/organik.

Ilmu Seo (Search Engine Optimasi) wajib  dipahami dan diaplikasikan ke dalam sebuah website untuk mendapatkan pengunjung yang banyak dari Search Engine khususnya google, sehingga informasi yang ingin disampaikan melalui website dapat dibaca oleh banyak orang. Semakin banyak yang mengakses website kita akan sangat membantu pengenalan dan proses marketing.

Pada tanggal 12 Maret 2019 Tim IT Support IT Telkom Surabaya mengikuti pelatihan SEO guna meningkatkan kualitas website IT Telkom Surabaya. Dengan mudahnya website IT Telkom Surabaya ditemukan oleh pengguna internet diharapkan semakin banyak orang yang mengenal IT Telkom Surabaya. Selain itu melalui banyaknya pengunjung website dapat meningkatkan proses pemasaran kampus IT Telkom Surabaya.

Mikrotik

Mikrotik adalah sistem operasi dan perangkat lunak yang dapat digunakan untuk menjadikan komputer manjadi router network yang handal, mencakup berbagai fitur yang dibuat untuk IP network dan jaringan wireless, cocok digunakan oleh ISP, provider hotspot dan warnet. 
Mikrotik didesain untuk mudah digunakan dan sangat baik digunakan untuk keperluan administrasi jaringan komputer seperti merancang dan membangun sebuah sistem jaringan komputer skala kecil hingga yang kompleks sekalipun.
Fungsi Mikrotik
  1. Pengaturan koneksi internet dapat dilakukan secara terpusat dan memudahkan untuk pengelolaannya.
  2. Konfigurasi LAN dapat dilakukan dengan hanya mengandalkan PC Mikrotik Router OS dengan hardware requirements yang sangat rendah.
  3. Blocking situs-situs terlarang dengan menggunakan proxy di mikrotik.
  4. Pembuatan PPPoE Server.
  5. Billing Hotspot.
  6. Memisahkan bandwith traffic internasional dan local, dan lainnya.

Pada tanggal 20 Maret 2019 tim IT Support IT Telkom Surabaya mengikuti pelatihan mikrotik guna meningkatkan kualitas manajemen jaringan di IT Telkom Surabaya.