Workshop ISO 9001 dan ISO 20001 Bersama Telkom University

Surabaya, 5 Maret 2019. Pada hari ini, Tim IT Support berkerjasama dengan beberapa unit terkait mengadakan workshop mengenai ISO dengan mengundang pembicara dari Telkom University. Perlu diketahui bahwa Telkom University telah memiliki sertifikat ISO 9001 dan ISO 20001. Tujuan dari workshop ini adalah untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman untuk mendapatkan sertifikat ISO. Workshop ini juga merupakan rangkaian kegiatan setelah melakukan training awareness ISO 20001 pada pekan sebelumnya.

Pembicara pertama, Bpk. Rio Aurachman, S.T.,M.T. yang menjabat sebagai Kepala Bagian Perencanaan, Pengembangan, dan Pengendalian Institusi di Telkom University, pada sesi ini beliau menjelaskan mengenai bagaimana persiapan yang harus dilakukan untuk menghadapi sertifikasi ISO 9001, selain itu juga dijelaskan mengenai beberapa standar lain yang diterapkan di Telkom University, seperti BAN PT, QS Star, IABEE, dst.  Dari sesi pertama ini tergambar bagaimana banyaknya persiapan yang harus dilakukan untuk menghadapi sertifikasi ISO. Diakhir sesi pertama ini kami diwajibkan melakukan self assesment terhadap setiap proses bisnis yang berlaku, target nilai, dan aplikasi yang kami miliki sebagai langkah awal dalam proses menuju ISO dan standarisasi lainnya.

Pembicara kedua, Bpk. Dahliar Ananda, S.T.,M.T beliau menjabat sebagai Manager Riset & Pengembangan Sistem Informasi di Telkom University. Pada sesi kedua ini dijelaskan mengenai bagaimana kiat-kiat yang harus dilakukan untuk mendapatkan sertifikasi ISO 20001. Beliau menceritakan persiapan yang harus dilakukan Direktorat Sistem Informasi Telkom University dalam mendapatkan sertifikat tersebut. Untuk membuat dokumen diperlukan waktu hingga 1 tahun bagi direktorat sisfo tersebut, audit sistem informasi selama 2 bulan, dan sertifikasi tahun berikutnya. Pada sesi ini juga ditunjukkan list dokumen yang diperlukan sertifikasi ISO tersebut.

Dengan adanya workshop kami mendapatkan gambaran yang jelas, langkah apa yang harus kami perbuat untuk mendapatkan sertifikasi ISO. Semoga IT Telkom Surabaya dapat mengikuti jejak Telkom University untuk mendapatkan sertifikasi ISO.